Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) lahir dari sebuah idealisme dan gagasan untuk menjadi institusi yang memberikan kontribusi bagi kemaslahatan bangsa, negara, umat dan agama. Kontribusi tersebut diwujudkan dalam bentuk edukasi, sosialisasi, konsultasi, implementasi dan penyiapan sumber daya insani di bidang ekonomi dan lembaga keuangan syariah.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) adalah institusi pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Bina Tsaqofah sesuai dengan Akta Notaris Ny. Yetty Taher, SH Nomor 30, tanggal 29 Oktober 1998, di Jakarta dan Akta Perubahan No.1, tanggal 7 Agustus 2000 yang dikeluarkan oleh Notaris Ny. Sri Rohani Wahyudi, SH di Jakarta.Terakhir, Akta Perubahan Pendirian Yayasan Bina Tsaqofah dikeluarkan oleh Notaris Evi Nursamsiyati, SH di Bekasi No. 4, tanggal 2 April 2011.

Perpustakaan STEI SEBI berdiri bersamaan dengan terbentuknya STEI SEBI. STEI SEBI lahir dari sebuah idealisme dan gagasan untuk menjadi lembaga yang mampu memberikan kontribusi untuk kemaslahatan bangsa, Negara, umat dan agama. Kehadiran SEBI merupakan jawaban atas berbagai kebutuhan dari lembaga-lembaga ekonomi syari’ah yang bermunculan seperti Bank Umum Syari’ah, Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah, Asuransi Takaful, BMT, Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat yang amanah, transparan dan profesional. Tentu saja itu semua memerlukan tenaga-tenaga yang handal, amanah, dan mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan sekaligus sumber daya insani yang memiliki integritas, kualitas dan kompetensi keahlian serta keterampilan, sikap moral dan akhlak yang Islami sehingga siap untuk menjadi unsur perubah, penggerak dan pelaksana nilai-nilai syari’ah dan aktivitas ekonomi dan keuangan. Untuk mendukung SEBI sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan berbagai macam program yang ada, maka mulailah dikumpulkan bahan-bahan literatur tentang ekonomi dan lembaga keuangan syari’ah yang pada akhirnya menjadi Perpustakaan SEBI.

Pada Bulan Oktober 1998, STEI SEBI mendirikan perpustakaan sebagai sarana untuk mendukung keberhasilan proses belajar dan mengajar, kegiatan penelitian dan pelatihan, dan menyediakan berbagai informasi terkait dengan ekonomi syariah. Perpustakaan SETI SEBI awalnya bertempat di lantai 2 gedung STEI SEBI di ciputat, berukuran 35M2 dengan koleksi awal 200 eksemplar buku. Selama 19 tahun STEI SEBI mengalami perkembangan dan begitu juga dengan perpustakaannya yang kini semuanya menempati lokasi baru di Kampus STEI SEBI yang berada di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, dengan ruangan perpustakaan 1 dan 2 masing-masing seluas 64M2 dengan total koleksi sekitar 10.000 eksemplar.

Perpustakaan SEBI dimaksudkan untuk membantu dosen, mahasiswa dan staf yang membutuhkan buku, informasi, majalah/jurnal, surat kabar, foto, CD, kaset dan sejenisnya, sebagai bahan referensi untuk pengajaran, belajar, diskusi, pelatihan, penelitian, dan lain sebagainya. Selain itu, Perpustakaan SEBI juga membuka kesempatan bagi para wartawan, peneliti dan siapa saja yang membutuhkan bahan-bahan literatur tentang ekonomi dan lembaga keuangan syari’ah.


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog