DEPOK - Dalam pembuatan karya ilmiah, para penulis terkadang mengalami kendala dalam proses penulisan untuk menghindari plagiarisme. Kendala tersebut dapat berupa cara membuat kutipan, melakukan parafrase, membuat sitasi, dan lain-lain. Terkhusus bagi mahasiswa STEI SEBI yang sedang membuat penulisa karya ilmiah seperti makalah atau skripsi. Oleh sebab itu, maka Perpustakaan STEI SEBI kembali menyelenggarakan pelatihan kepenulisan yang dimasukkan dalam rangkaian kegiatan Kelas Literasi Informasi (KLI). Berbeda dengan KLI sebelumnya, pada pelaksanaan kegiatan kali ini Perpustakaan bekerja sama dengan beberapa Himpunan Mahasiswa (Hima) seperti Hima IKTAFI, Hima Shaf, Hima SEC dan Hima HAMASAH.

Untuk pelaksanaan kegiatan KLI kali ini sama seperti sebelumnya dengan tetap dilakukan secara online melalui aplikasi zoom. Narasumber yang dihadirkan merupakan pengajar di internal kampus yaitu Bapak Prayogo P. Harto, SE, Ak., MM, CA selaku dosen Akuntansi & Manajemen STEI SEBI dan juga dimoderatori oleh Muhammad Azzam Ramadhan selaku Chairperson of Sharia Accounting Family.

Acara dilaksanakan pada Jumat malam (30/10/2020) mulai pukul 19.30 - 22.00 WIB. Topik yang dibahas pada kelas kali ini tertuju pada pengenalan awal terkait plagiarisme dan cara menghindarinya, kemudian dilanjut dengan pemaparan mengenai cara melakukan parafrase, dan terakhir penjelasan tentang ejaan PUEBI untuk penulisan karya ilmiah.

Pada KLI kali ini tetap mendapatkan banyak antusias meskipun dilaksanakan pada malam hari,  terlihat dari hadirnya peserta yang mengikuti sebanyak 100 orang dengan mayoritas sivitas akademika STEI SEBI yang terdiri dari mahasiswa & dosen. Salah seorang perserta dari program studi Perbankan Syariah, Nabila, berpendapat bahwa pelatihan ini sangat penting untuk mahasiswa, "Kajiannya bagus sekali, bekal yang penting buat mahasiswa. Dan saya juga mau beri masukan, bagusnya ini disisipkan di program ospek agar mahasiswa siap menulis tugas-tugas dengan pengetahuan literasi yang baik."


Pelatihan kepenulisan ini termasuk dalam KLI jilid 10, dimana KLI sendiri merupakan suatu rangkaian program/kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Perpustakaan STEI SEBI secara berkelanjutan sejak tahun lalu dan akan terus diadakan lagi ke depannya dengan topik atau pembahasan yang berbeda.(CA)


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog