REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Perpustakaan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI bekerja  sama dengan Himpunan Mahasiswa (Hima) yang ada di STEI SEBI mengadakan acara Kelas Literasi Informasi (KLI)  yang ke-2 di semester genap ini. KLI #2 ini diadakan pada hari Ahad (21/3).

Acara yang diikuti oleh mahasiswa STEI SEBI Depok,  utamanya angkatan 2018 ini merupakan rangkaian acara dari KLI #1 yang telah diadakan sebelumnya.

” Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, di antaranya terkait keterampilan melakukan parafrase untuk menghindari plagiasi dalam mengutip, keterampilan membuat kalimat efektif, dan memahami PUEBI  (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia),” kata Fahma Rianti, M Hum  kepala perpustakaan STEI SEBI dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Narasumber yang menyampaikan materi pada acara ini adalah Fitria Pratiwi SS, MHum. Ia merupakan dosen Bahasa Indonesia dan juga Komunikasi Bisnis yang pernah mengajar di STEI SEBI. Acara yang dilakukan secara daring ini mengangkat topik tentang standar bahasa Indonesia untuk penulisan ilmiah. Selain penyampaian materi, dalam kesempatan tersebut para peserta juga dibimbing langsung untuk mempraktikkan materi yang sedang disampaikan. 

“Salah satu bentuk karya ilmiah yang harus kalian buat pada jenjang S1 adalah skripsi., dan secara umum skripsi ini menjadi syarat untuk menyelesaikan perkuliahan S1,”  ujar Fitria. Materi yang ia sampaikan pada acara yang bertajuk workshop ini fokus membahas tentang teknis penulisan pada tugas akhir atau skripsi.

Fahma menyebutkan, selain menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber, peserta juga di bimbing dalam mengaplikasikan langsung materi tersebut. “Harapannya dengan acara ini dapat memberikan gambaran kepada para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan dapat mengaplikasikannya dengan baik,” tuturnya.

 

Sumber: Republika


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog